Ada apa dengan W3Schools dan W3Fools ?

by in , , 0

Bukan sebuah isu baru ....

Bila kita adalah seorang pemula (seperti saya) di dunia web programming seringkali kita mengandalkan internet sebagai referensi. Dan seperti biasanya kita mengandalkan Search Engine (SE) seperti Google atau Yahoo untuk membantu pencarian referensi.
Terutama bila kita butuh referensi seputar Tag HTML, PHP, Javascript dan lainnya maka kita akan mendapati W3Schools biasanya menduduki rate teratas di hasil pencarian SE. Tampilannya yang tidak neko-neko dan juga didukung dengan fasilitas Try It Yourself sehingga kita bisa mencoba langsung kode-kode yang kita butuhkan.

Tapi tiba-tiba dalam sebuah pencarian ditempat lain (biasanya di Forum Programming) kita mendapatkan komentar seperti "Jangan referensikan W3Schools karena tutorialnya sudah tidak update dan coba kunjungi W3Fools...."

Ada masalah apa dengan W3Schools ? .. bukankah W3Schools telah banyak membantu para pemula untuk mengenal syntax-syntax dasar web programming dan hal-hal lainnya ?
Bahkan Google pun mereferensikan W3Schools di salah satu artikelnya

Mengapa pula dengan W3Fools ? .. mengapa harus mendiskreditkan W3Schools ?

W3Fools.com menganggap W3Schools sebagai pendidikan yang buruk, referensinya tidak akurat dan tidak update sehingga akan mengakibatkan hal buruk bagi para pencari referensi. Selain itu juga W3Fools memberikan beberapa link referensi yang dianggap lebih baik dan berkompeten. W3Fools pun merekomendasikan untuk memakai -w3school dan menambahkan mdn (Mozilla Dev Network) dalam pencarian di SE.

Lalu kita harus bagaimana menyikapi ini ? ... Menurut saya kita bisa ambil apa yang kita perlu dari setiap referensi tapi jangan terpaku pada satu sumber sehingga kita tidak 'tersesat' bila ternyata memang referensi yang kita gunakan sudah usang / tidak update.

Selanjutnya terserah anda ....




Leave a Reply